Pengertian
Bisnis
Secara Terminologis Bisnis adalah sebuah kegiatan atau
usaha. Bisnis dalam arti luas adalah satu istilah umum yang menggambarkan semua
aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan
sehari-hari.
Bisnis bisa dilihat sebagai suatu sistem
yang menyeluruh yang menggabungkan sub-sistem yang lebih kecil yang
disebut industri.
Dalam arti bahwa setiap industri
dibentuk dari banyak perusahaan yang terdiri dari berbagai ukuran perusahaan
dengan macam-macam produk yang dihasilkan, termasuk kegiatan pemasaran, sumber
daya, pengaturan keuangan, dan sistem managemen.
Adapun
jenis-jenis bisnis, yaitu:
Pasar
Monopoli
Pasar
Monopsoni
Pasar
Oligopoli
Pasar
Oligopsoni
1.
Pasar Monopoli
Pasar
monopoli adalah pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
Penentu harga pasar ini adalah seorang penjual atau monopolis. Sebagai price
maker, maka seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara
menentukan jumlah barang yang akan diproduksi.
Ciri-ciri
Pasar Monopoli :
§ Harga
ditentukan oleh penjual
§
Hanya ada satu penjual
§
Tidak adanya barang pengganti dengan
barang monopolis
§ Adanya
hambatan yang besar dari perusahaan lain untuk dapat masuk ke dalam pasar
Contoh
: PT KAI,PDAM,Pertamina
2.
Pasar Monopsoni
Pasar monopsoni serupa dengan pasar
monopoli. Hanya saja, pasar ini dilihat dari sisi pembeli. Monopsoni menunjuk
pada kondisi permintaan dan pasar yang dikuasai oleh pembeli tunggal. Kondisi
ini lebih sering terdapat di kalangan produsen dan jarang di kalangan
konsumen.
Ciri-ciri
Pasar Monopsoni :
§ Hanya
ada satu pembeli
§
Pembeli bukan konsumen tapi
pedagang/produsen
§
Barang yang dijual merupakan bahan
mentah
§
Harga sangat ditentukan pembeli
Contoh
: Pertanian, Perkebunan, Pertenakan
3.
Pasar Oligopoli
Jika
pada pasar monopoli hanya terdapat satu penjual, maka pasar yang memiliki
beberapa penjual disebut oligopoli. Pada pasar oligopoli, masing-masing perusahaan
memproduksi dan menjual produk yang serupa atau hampir serupa.
Ciri-ciri
Pasar Oligopoli :
§ Terdapat
beberapa penjual
§
Barang yang dijual homogen atau beda
corak
§
Sulit dimasuki perusahaan baru
§
Membutuhkan peran iklan
§
Terdapat satu market leader (pemimpin
pasar)
§
Harga jual tidak mudah berubah
Contoh
: Air minum mineral,batu baterai,ayam geprek
4.
Pasar Oligopsoni
Pasar
oligopsoni adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli, masing-masing
pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga. Atau dikatakan
pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.
Ciri-ciri
Pasar Oligopsoni :
§ Terdapat
beberapa pembeli
§
Pembeli bukan konsumen tapi
pedagang/produsen
§
Barang yang dijual merupakan bahan
mentah
§
Harga cenderung stabil
Contoh
: Telkom,Indosat,Pasar Tembakau
Sabtu, 6
oktober 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar