Pengertian Bauran Pemasaran
Beragam definisi atau pengertian “Bauran
Pemasaran” atau “Marketing Mix” disampaikan pakar marketing
namun secara umum dapat disampaikan adalah kumpulan dari variabel-variabel
pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk
mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Jadi, bauran pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang
dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan
konsumen dalam pasar sasarannya.
Bauran
pemasaran adalah unsur atau elemen internal penting yang
membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah
satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. (Ad. Payne,
1995:31)
5P dalam Bauran Pemasaran
Istilah
ini mungkin asing untuk Anda. Apakah itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang
dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati
klien dalam target market Anda. Mari kita ulas apa aja sih 5P itu?
1.
Product
Product disini mengacu pada apa yang Anda jual,
termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan
membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur
kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat
menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari
produk.
2. Price
Price
berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan
mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien
Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya
lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya
juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
3. Promotion
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan untuk
menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung.
Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.
4 .
Place
Place adalah dimana produk atau servis Anda akan
dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk
atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien
dapat menemukan Anda dengan mudah. Jika Anda baru memulai bisnis baru,
menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.
5. People
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja
untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan
customer service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk
klien Anda, dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada
klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda
dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang
yang tepat, memberikan pelatihan pada karyawan Anda untuk mengembangkan
kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap.
7P dalam Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran merupakan
variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan
yang diharapkan dari pasarsasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat 7
unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion,
Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.
1.
Product
Produk merupakan elemen penting dalam
sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran
lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk
tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
2.
Price
Menurut Monroe (2005) menyatakan bahwa
harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh
produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam
mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan
Miniard, 1996).
Harga dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja
dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi
individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu
(Schifman and Kanuk, 2001).
3.
Promotion
Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan
informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan
untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan
komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media
yang disebut dengan media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio,
televise dan direct mail (Baker, 2000:7).
Media promosi yang dapat digunakan pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung. Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu sendiri.
4.
Place
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa
“Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala
kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya
dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran
distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk
memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen
akhir atau pemakai
industri.
Distribusi berkaitan dengan kemudahan memperoleh
produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya. Distribusi memperli
hatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau
jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.
5.
People
Yang dimaksud partisipan disini adalah
karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat
secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri,
misalnya dalam jasa kecantikan :diantaranya adalah para reception, dokter, dan
beauty therapis.
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan
bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian
barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam
bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi
gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang
berpengaruh pada image perusahaan.
7.
Physical
evidence
Lingkungan fisik adalah keadaan atau
kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik
merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud
dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan
institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout
yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam
Assael 1992).
Berdasarkan
pengertian marketing mix 5p dan 7p menurut para ahli di atas, maka dapat
disimpulkan bahwa bauran pemasaran atau marketing mix memiliki elemen-elemen
yang sangat berpengaruh dalam penjualan karena elemen tersebut dapat
mempengaruhi minat konsumen dalam melakukan keputusan pembelian baik buat
produk barang maupun jasa.
Referensi :
http://rifqirhmnd.blogspot.com/2017/11/bauran-pemasaran-dan-sistem-produksi.html
(Diakses pada tanggal 9 November 2018)
http://ruangmarketing.blogspot.com/2012/12/pengertian-bauran-pemasaran-marketing.html
(Diakses pada tanggal 9 November 2018)
https://mebiso.com/sudah-tahu-5p-dalam-marketing-ada-apa-saja-ini-dia-jawabannya/
(Diakses pada tanggal 9 November 2018)
https://www.ekomarwanto.com/2012/04/marketing-mix-7p-produk-price-promotion.html
(Diakses pada tanggal 9 November 2018)
https://www.google.co.id/imgres?imgurl=https%3A%2F%2F4.bp.blogspot.com%2F-3vozcFjO-d4%2FWf8nkgGbu0I%2FAAAAAAAAAH0%2FRTEZG3ZEetI9sIO9k-1aJkNAKAtZu8PlACLcBGAs%2Fs1600%2F5p.bmp&imgrefurl=http%3A%2F%2Frestamelyana.blogspot.com%2F2017%2F11%2Fbauran-pemasaran-dan-analisis-sistem.html&docid=6qcZKZePuyXeJM&tbnid=oXZ2fwh4cBWuZM%3A&vet=10ahUKEwirhsTrrMbeAhUDf30KHT6iAAAQMwhLKAwwDA..i&w=614&h=189&safe=strict&bih=577&biw=1366&q=bauran%20pemasaran%205p&ved=0ahUKEwirhsTrrMbeAhUDf30KHT6iAAAQMwhLKAwwDA&iact=mrc&uact=8
(Diakses pada tanggal 9 November 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar