Jumat, 09 November 2018

5P DAN 7P DALAM BAURAN PEMASARAN





Pengertian Bauran Pemasaran
Beragam definisi atau pengertian “Bauran Pemasaran” atau “Marketing Mix” disampaikan pakar marketing namun secara umum dapat disampaikan adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar sasaran.
Jadi,  bauran  pemasaran terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Bauran pemasaran  adalah unsur atau elemen internal penting yang membentuk program pemasaran sebuah organisasi. Bauran pemasaran merupakan salah satu konsep universal yang telah dikembangkan dalam pemasaran. (Ad. Payne, 1995:31)


5P dalam Bauran Pemasaran
Istilah ini mungkin asing untuk Anda. Apakah itu 5P ? 5P adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda – beda untuk memenangkan hati klien dalam target market Anda. Mari kita ulas apa aja sih 5P itu?

                   1.      Product
Product disini mengacu pada apa yang Anda jual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product Anda, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.


2.      Price
Price berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
3.      Promotion
Aktivitas promosi yang patut Anda gunakan untuk menarik klien Anda seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing. 

 4.      Place
Place adalah dimana produk atau servis Anda akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukan Anda dengan mudah. Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.

5.      People
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan pada karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap.


7P dalam Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran merupakan variable-variabel terkendali yang digabungkan untuk menghasilkan tanggapan yang diharapkan dari pasarsasaran. Dan untuk usaha jasa terdapat 7 unsur marketing mix (Marketing Mix-7p) yaitu: Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Proses, Dan Physical Evidence.
                            


1.      Product
Produk merupakan elemen penting dalam sebuah program pemasaran. Strategi produk dapat mempengaruhi strategi pemasaran lainnya. Pembelian sebuah produk bukan hanya sekedar untuk memiliki produk tersebut tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.


2.      Price
Menurut Monroe (2005) menyatakan bahwa harga merupakan pengorbanan ekonomis yang dilakukan pelanggan untuk memperoleh produk atau jasa. Selain itu harga salah satu faktor penting konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan transaksi atau tidak (Engel, Blackwell dan Miniard, 1996).

Harga dikatakan mahal, murah atau biasa-biasa saja dari setiap individu tidaklah harus sama, karena tergantung dari persepsi individu yang dilatar belakangi oleh lingkungan kehidupan dan kondisi individu (Schifman and Kanuk, 2001).



3.      Promotion
Promosi adalah kegiatan mengkomunikasikan informasi dari penjual kepada konsumen atau pihak lain dalam saluran penjualan untuk mempengaruhi sikap dan perilaku. Melalui periklanan suatu perusahaan mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat melalui media-media yang disebut dengan media massa seperti Koran, majalah, tabloid, radio, televise dan direct mail (Baker, 2000:7).

Media promosi yang dapat digunakan pada bisnis ini antara lain (1) Periklanan, (2) Promosi penjualan, (3) Publisitas dan hubungan masyarakat, dan (4) Pemasaran langsung. Penentuan media promosi yang akan digunakan didasarkan pada jenis dan bentuk produk itu sendiri.


4.      Place
Kotler (2000: 96) menyatakan bahwa “Saluran distribusi terdiri dari seperangkat lembaga yang melakukan segala kegiatan (Fungsi) yang digunakan untuk menyalurkan produk dan status pemiliknya dari produsen ke konsumen”. Dari definisi diatas dapat diartikan bahwa saluran distribusi suatu barang adalah keseluruhan kegiatan atau fungsi untuk memindahkan produk disertai dengan hak pemiliknya dari produsen ke konsumen akhir atau pemakai
industri.

Distribusi berkaitan dengan kemudahan memperoleh produk di pasar dan tersedia saat konsumen mencarinya. Distribusi memperli hatkan berbagai kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjadikan produk atau jasa dipe roleh dan tersedia bagi konsumen sasaran.


5.      People
Yang dimaksud partisipan disini adalah karyawan penyedia jasa layanan maupun penjualan, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses layanan itu sendiri, misalnya dalam jasa kecantikan :diantaranya adalah para reception, dokter, dan beauty therapis.


6.      Process
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen. Fasilitas jasa konsultasi gratis, pengiriman produk, credit card, card member dan fasilitas layanan yang berpengaruh pada image perusahaan.


7.      Physical evidence
Lingkungan fisik adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, pelatakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Berdasarkan pengertian marketing mix 5p dan 7p menurut para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran atau marketing mix memiliki elemen-elemen yang sangat berpengaruh dalam penjualan karena elemen tersebut dapat mempengaruhi minat konsumen dalam melakukan keputusan pembelian baik buat produk barang maupun jasa.


Referensi : 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar